Kamis, 07 Januari 2010

E-LEARNING

E-LEARNING
STIMULUS-STIMULUS YANG DIHASILKAN KOMPUTER
Realitas,
Gambar bergerak,
Gambar diam,
Tulisan
Suara yang direkam
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Kemudahan navigasi
Kandungan kognisi
Pengetahuan dan presentasi informasi
Integrasi media
Menarik minat peserta didik
Fungsi secara keseluruhan

Kelebihan Komputer
Komputer memungkinkan pembelajar dapat belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatan dalam memahami ilmu pengetahuan
Adanya control terhadap aktivitas belajarnya
Kemampuan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.
Kemampuan menghadirkan lima stimulus penting dalam media pembelajaran
Menghemat waktu dan biaya.

Keterbatasan Komputer
Dana
Ketersediaan software dan hardware
Keterbatasan pengetahuan teknis. Teoris dan penerimaan terhadap teknologi.

Kriteria untuk menilai keefektifan sebuah media
Biaya
Ketersediaan fasilitas pendukung seperti listrik.
Kecocokan ukuran kelas
Keringkasan
Kemampuan untuk diubah
Waktu dan tenaga penyimpanan
Pengaruh yang ditimbulkan
Kerumitan
Kegunaan


CIRI- CIRI
Memiliki content yang relevan dengan tujuan pembelajaran
Menggunakan metode instruksional, misalnya penyajian contoh dan latihan
Menggunakan elemen- elemen seperti kata- kata dan gambar- gambar untuk menyampaikan materi pembelajaran
Membangun pemahaman dan kemampuan yang terkait dengan tujuan pembelajaran baik secara perseorangan atau kelompok
Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh
Klasifikasi Pembelajaran Jarak Jauh
TUJUAN
Meningkatkan kualitas pembelajaran
Mengubah budaya mengajar pengajar
Mengubah belajar pembelajar yang pasif kepada budaya belajar aktif
Memperluas basis dan kesempatan belajar untuk masyarakat
Mengembangkan dan memperluas produk dan layanan baru

MANFAAT
Perubahan budaya belajar dan peningkatan mutu pembelajaran pembelajar dan pengajar
Perubahan pertemuan pembelajaran yang tidak terfokus pada pertemuan (tatap muka) di kelas dan pertemuan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu melalui fasilitas E-learning
Persedianya materi pembelajaran di media elektronik melalui website e- learning yang mudah diakses dan dikembangkan oleh pembelajar dan mungkin juga masyarakat


KESIMPULAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar