Kamis, 07 Januari 2010

MODUL

KEGIATAN BELAJAR 1:
WUDHU

A. Kopetensi Dasar
Setelah melaksanakan belajar ini, diharapkan anda memiliki kopenensi sebagai berikut :
1. Menjelaskan pengertia wudhu
2. Menjelaskan wajibnya wudhu
3. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu
4. Mempraktikan wudhu

B. Materi Pokok
1. Pengertian wudhu
2. Syarat wajibnya wudhu
3. Hal-hal yang membatalkan wudhu
4. Tata cara wudhu

C. Uraian Materi
Tentu sebagai orang islam anda sudah sedikit banyaknya tahu tentang wudhu, entah itu baru hanya mendengar ataupun memahaminya. Kita sudah sering kali menjupai orang melakukan wudhu, khususnya ketika akan melakukan shalat. Namun meskipun begitu mungkin masih ada dari sebagian kita belum mengetahui tata cara wudhu yang benar.
Nah, oleh sebab itu pada modul ini akan di pelajari lebih dalam lagi tentang wudhu, syarat, hal yang membatalkan dan yang paling penting tatacara melakukan wudhu. Untuk itu, bahasan selanjutnya akan mengajak saudara-saudara untuk memahami lebih dalam tentang wudhu.
Menginjak pada pembahasan pertama yaitu, pengertian wudhu. Secara istilah wudhu diartikan sebagai mengalirkan, namun jika dilahatdari segi syara’ wudhu adalah mengambil air atau mengalirkan air ke anggota badan untuk shalat dengan syarat-syarat tertentu. Sekarang saudara-saudara tentu sudah mengetahui pengertia wudhu, dan selanjutnya kita akan membahas tentang syarat-syarat wajibnya wudhu. Syarat wajibnya wudhu pertama adalah beragama Islam. Kedua, adalah mumuyyiz. Maksud dari mumayyiz adalah orang yang bisa memilah-milah antara perkara yang haq dan yang batil. Ketiga, orang tersebut tidak dalam keadaan berhadas kecil maupun besar. Keempat, menggunakan air suci dan mensucikan. Dan yang terakhir, tidak ada yang menghalangi sampainya air ke kulit, seperti getah dan sebagainya.
Ok, menginjak pembahasan berikutnya adalah tentang hal-hal yang membatalkan wudhu. Hal-hal yang membatalkan wudhu ada 8, yaitu : mabuk, tidur, pingsan, gila, kentut atau keluar angin, buang air kecil atau besar, menyentuh kemaluan dengan tangan, bersentuhan kulit antara perempuan dan laki-laki.
Nah, tentunya kamu-kamu semua mempunyai pengetahun yang cukup tentang wudhu. Dan untuk menambahi tentang pengetahuan saudara-saudara maka pembahasan terakhir ini adab atau tata cara wudhu. Adapun adab berwudhu adalah pertama, mencuci kedua telapak tangan sambil membaca basmalah “ bismillahirrahmanirrahim”. Cara yang kedua ialah berkumur, yaitu memasukkan air ke dalam mulut lalu di gerak-gerakkan dan dimuntahkan. Ketiga, membersihkan hidung dengan menggunakan air. Keempat, membasuh sebagian muka sambil berdo’a “ Nawaitul wudhua lirof’il hadastil asghari fadhan lillahi taala “. Yang kelima, membasuh kedua tangan kanan dan kiri sampai siku. Kelima, mengusap sebagian kepala dengan air. Keenam, mengusap kedua telinga. Dan terakhir, membasuh kaki hingga mata kaki. Sekarang pengetahuan saudara-saudara tentang wudhu sudah bertambah dan tentunya saudara sudah menetahuai bagaimana tata cara melakukan wudhu yang benar. Harapan setelah saudara belajar wudhu, bisa mengamalkan apa yang telah dipelajari pada kesempatan kali ini.

D. Rangkuman
Wudhu adalah mengambil air atau mengalirkan air ke anggota badan untuk shalat dengan syarat-syarat tertentu. Syarat wajib wudhu pertama adalah beragama Islam. Kedua, adalah mumuyyiz. Maksud dari mumayyiz adalah orang yang bisa memilah-milah antara perkara yang haq dan yang batil. Ketiga, orang tersebut tidak dalam keadaan berhadas kecil maupun besar. Keempat, menggunakan air suci dan mensucikan. Dan yang terakhir, tidak ada yang menghalangi sampainya air ke kulit. Hal-hal yang membatalkan wudhu ada 8, yaitu : mabuk, tidur, pingsan, gila, kentut atau keluar angin, buang air kecil atau besar, menyentuh kemaluan dengan tangan, bersentuhan kulit antara perempuan dan laki-laki
E. Latihan
Kerjakan soal-soal latihan di bawah ini sesuai dengan pengetahuan yang telah anda dapatkan, kerjakan dengan jawaban yang singkat dan jelas
1. Apa pengertian Wudhu secara bahasa dan syara’ ?
2. Jelaskan syarat wajibnya wudhu?
3. Jelaskan hal-hal yang membatalkan wudhu !
4. Bagai mana tata cara wudhu yang benar?

F. Tes Mandiri
Kerjakan soal-soal pilihan ganda di bawah ini dengan tepat dan benar.Silanglah jawaban yang anggap anda benar.Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang anggap anda mudah. Mulailah dengan berdo’a. Selamat mengerjakan
1. Kita akan melaksanakan shalat, maka kita harus……
a.Istinja’
b.Mandi
c.Berwudhu
2. Kalian berniat wudhu pada saat…..
a. mengusap kepala
b. membasuh muka
c. membasuh kedua tangan
3. Sebelum berwudhu sebaiknya kita membaca….
a. innalillah
b. basmalah
c. hamdalah
4. Urutan wudhu setelah membasuh muka adalah….
a. membasuh tangan
b. membasuh kepala
c. niat
5. Apabila tidur maka wudhu kita….
a. sah
b. batal
c. tidak batal
G. Kunci jawaban

1. c
2. b
3. b
4. a
5. b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar